20 November 2017
Rate this item
(0 votes)

Perpustakaan Universitas Andalas (Unand) mengadakan kegiatan workshop Literasi Informasi (LI) di Fakultas Pertanian Kampus III Unand Dharmasraya pada Rabu (15/11), sehari berselang pelaksanaan Workshop serupa di Kampus II Payakumbuh. Animo mahasiswa dalam mengikuti Workshop bertema “Cerdas dalam Temu Kembali Informasi Jaman Now” ini tampak tinggi. Terbukti dengan hadirnya 95 peserta memadati Gedung Aula Kampus III Unand Dharmasraya untuk mengikuti workshop tersebut.

Materi pertama berjudul Penggunaan Operator Boolean dalam LI dan Penggunaan Advance Operator sebagai Search Engine disampaikan oleh Rahmadeli, ST., Staf IT Perpustakaan Unand. Materi pembuka ini sangat penting dipahami mahasiswa agar dapat mencari dan menemukan informasi di internet secara efektif dan efisien.

Materi kedua berjudul Panduan dan Tata Cara Prosedur Bebas Pustaka oleh Beni Adri Yassin, A.Md., yang juga merupakan Staf IT Perpustakaan Unand. Bebas Perpustakaan merupakan syarat bagi mahasiswa Unand untuk menerima ijazah dan/atau wisuda. Untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Perpustakaan, mahasiswa wajib mengunggah soft file tugas akhir ke website e-skripsi Unand. Dalam mengunggah tugas akhir terdapat tata cara dan ketentuan teknis yang harus diketahui mahasiswa.

Peserta workshop terlihat sangat antusias mendengarkan pemaparan materi. Dalam sesi tanya jawab materi pertama, peserta mengaku baru mengenal Operator Boolean dan teknik pencarian tingkat lanjut yang dipaparkan pemateri. Mereka juga baru mengetahui, bahwa pencarian di mesin pencari internet dapat dimudahkan dengan menggunakan teknik pencarian tersebut. Namun sayangnya, peserta tidak dapat mempraktikkan langsung karena terkendala fasilitas yang belum memadai.

Workshop LI menjadi semakin meriah dengan adanya kuis dan pembagian doorprize. Dalam acara ini, 6 (enam) orang peserta berhasil mendapatkan doorprize berupa buku dari Perpustakaan Unand. 

17 November 2017
Rate this item
(0 votes)

Perpustakaan Nasional RI melalui Deputi Bidang Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca (P3MB) tahun ini kembali memberikan bantuan sumbangan buku kepada beberapa perpustakaan yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Tahun ini UPT Perpustakaan Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi yang memperoleh bantuan tersebut. Untuk wilayah Sumatera Barat, ada 4 perguruan tinggi yang memperoleh bantuan yaitu : Universitas Andalas, Politeknik Negeri Padang, Universitas Muhamadiyah, dan Universitas Bung Hatta.

16 November 2017
Rate this item
(0 votes)

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa dalam memperoleh dan mengakses informasi di era digital, UPT Perpustakaan Universitas Andalas mengadakan Workshop Literasi Informasi. Workshop diselenggarakan pada hari Selasa, 14 November 2017 yang lalu, bertempat di Kampus II Unand Payakumbuh. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Peternakan. Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini adalah “Cerdas Dalam Temu Kembali Informasi Jaman Now.” Ada 2 materi yang disajikan dalam workshop kali ini, yaitu (1) Cara praktis dalam melakukan pencarian informasi menggunakan search engine, dan (2) Panduan upload tugas akhir mahasiswa. Untuk materi pertama yang menjadi narasumber adalah Andi Saputra, S.Kom, M.Kom. Sedangkan untuk materi kedua disampaikan oleh Vebi Dwi Putra, A.Md. Keduanya merupakan staf UPT Perpustakaan Universitas Andalas.

31 Oktober 2017
Rate this item
(0 votes)

Akreditasi perpustakaan merupakan pengakuan terhadap kualitas penyelenggaraan sebuah perpustakaan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI. Pedoman pemberian akreditasi salah satunya adalah pasal 24 Undang-undang No. 43 tahun 2007 yang menyatakan setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan. Untuk mempersiapkan proses akreditasi perpustakaan, maka Universitas Islam Negeri Imam Bonjol menyelenggarakan seminar yang bertema "Persiapan Menuju Akreditasi Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang," yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2017, bertempat di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang.