Bulan Terbelah di Langit Amerika

14 April 2016

 

  • + Pengarang: Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra
  • + Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
  • + Tahun Terbit: 2014
  • + Tebal Buku: 344 halaman
  • + ISBN: 9786020305455

Ini adalah buku kedua karya Hanum Rais dan suaminya yang saya baca setelah 99 Cahaya di Langit Eropa, yang telah dibuat versi layar lebarnya.

Di tengah maraknya buku-buku traveling akhir-akhir ini, Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika menyuguhkan cerita perjalanan dengan pemaparan sejarah yang luar biasa serta sarat makna kehidupan.

Takdir membawa Hanum dan Rangga, yang merupakan mahasiswa S3 di Wina, Austria menuju sebuah perjalanan impian mereka, yaitu mengelilingi benua Amerika. Tidak ada hal yang kebetulan, begitupun perjalanan mereka kali ini bukan semata menjadi rangkaian sesi "jalan-jalan", melainkan ada sebuah misi yang di emban. Rangga dengan tugas presentasi papernya, dan Hanum dengan tugas liputannya yang menguak berbagai hal seputar tragedi WTC 9/11 demi sebuah artikel berjudul "Would the world be better without Islam?".

Bagi saya, Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika mengungkapkan banyak hal, tentang bagaimana kebencian bangsa Eropa dan Amerika yang semakin menjadi pada Islam pasca WTC 9/11, tentang beratnya perjuangan kaum muslim sebagai minoritas di Amerika untuk tetap memegang teguh akidahnya, berbagai hal janggal seputar tragedi WTC, pandangan para Founding Fathers Amerika terhadap Islam, bahkan fakta sejarah penemuan Benua Amerika yang sungguh membuat saya tercengang.

Ya, Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika ini berhasil menceritakan negara adidaya itu dari sudut pandang yang berbeda. Semakin membuka mata kita bahwa Islam adalah Rahmatan lil 'Alamin. Dan membuat kita yakin bahwa manusia hanyalah pion-pion yang sedang memainkan skenario Tuhan. Percayalah, Tuhan selalu mengawasi dengan cermat bagaimana kita menjalankan peran itu.

And the last, ucapan yang muncul di benak saya selepas membaca buku ini adalah : Perjalanan mereka terlalu indah untuk dikatakan kebetulan semata! Happy Reading.. ^_^

Salam Hangat,

Sumber: parentingid.blogspot.co.id

Read 1860 times